4 jenis senjata tradisional papua

4 Jenis Senjata Tradisional Papua

Hingga saat ini Papua memang telah diketahui secara luas menjadi salah satu kota yang sebagian masyarakatnya masih mempunyai kebudayaan yang sangat kental. Kedekatan penduduknya dengan alam sekitar menjadikan kehidupan mereka tidak mudah lepas dengan barang-barang alam.

Bagian tersebut masih bisa kita temukan saat ini dari beberapa pakian dan rumah adat yang masih mereka gunakan dari bahan buatan sendiri. Tidak lupa juga dengan perkakas dan beberapa senjata tradisional yang biasanya mereka pakai untuk perang dan berburu. Didalam kebudayaan tradisional Papua, senjata bagi mereka adalah suatu benda yang sangat penting. Terlebih masyarakat Papua banyak beranggapan bahwa senjata sangat khas untuk digunakan sebagai perlindungan diri dari berbagai macam serangan yang mencoba untuk merebut daerah kekuasaan, dan sekaligus berfungsi sebagai alat untuk berburu hewan incaran.

Sebagai warga Indonesia yang terkenal dengan berbagai macam suku, budaya dan bahasanya yang terbilang banyak, kita mestinya harus tau beberapa jenis senjata tradisional yang terdapat pada kota Papua. Dan inilah 4 jenis senjata tradisional Papua yang akan kami bahas dibawah ini :

  1. Senjata Tradisional Tombak

    Merupakan salah satu senjata tradisional milik Papua yang biasanya digunakan dalam peperangan jarak jauh, dan juga sering kali dipakai untuk berburu hewan. Memiliki bentuk yang cukup sederhana membuat bagian pada gagang terbuat dari kayu, sedangkan pada bagian mata tombak juga tertanam bahan logam saja. Untuk senjata tradisional tombak sendiri terdapat beberapa jenis yang sebenarnya jarang bisa ditemukan dengan bentuk yang sama percis.
  2. Senjata Tradisional Kapak Batu

    Biasanya jenis senjata ini banyak digunakan dalam kegiatan hutan atau proses bertani yang terdapat di perdalaman kota Papua pada zaman dahulu. Dengan mengandalkan batu yang sudah ditajamkan sebelumnya itu pun dimodifikasi dengan menambah sepotong tongkat kayu sebagai pegangannya. Namun seiring perkembangan zaman, jenis senjata tradisional kapak batu ini pun mulai punah, dan jumlah mungkin masih bisa dihitung dengan jari.
  3. Senjata Tradisional Busur dan Panah.

    Jenis senjata ini sudah sangat populer diseluruh Indonesia, dan banyak juga yang sudah pernah menggunakannya. Seperti yang kita ketahui, bahwa senjata tradisional busur dan panah memang terkenal sebagai senjata untuk berburu hewan liar. Namun setelah munculnya beberapa konflik didaerah tersebut, senjata ini pun ramai digunakan sebagai alat untuk perang. Bentuknya yang terbuat dari gabungan kayu dan rotan itupun diolah dengan panah yang diambil dari sebagian tulang hewan yang sebelumnya telah diruncingkan.
  4. Senjata Tradisional Pisau Belati

    Meskipun sering kali kita mendengarnya namun ternyata masih ada beberapa masyarakat di Indonesia masih belum pernah melihat senjata tradisional yang satu ini. Banyak juga yang menyamakan pisau belati yang terdapat pada kehidupan sehari-hari dengan pisau belati tradisional papua. Biasanya pisau belati yang kita temui umumnya terbuat dari bahan logam, namun berbeda dengan pisau belati Papua yang bahannya diambil dari bagian tulang kaki burung kasuari. Tulang kaki tersebut dijadikan sebagai pilihan utama dikarenakan strukturnya yang mudah diolah sampai bagian ujungnya bisa ditajamkan. Senjata tradisional pisau belati khas Papua ini pun biasanya lebih identik dengan adanya hiasan bulu yang juga merupakan bagian burung kasuari.

Itulah jenis-jenis senjata tradisional khas Papua yang bisa anda baca agar membantu anda mendapatkan pengetahuan dan wawasan berlebih mengenai kebudayaan-kebudayaan Papua yang telah hilang atau tersimpan hingga saat ini.

One thought on “4 Jenis Senjata Tradisional Papua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *