4 Pedang Legendaris dengan Panjang di Atas Normal Pedang Biasa

4 Pedang Legendaris dengan Panjang di Atas Normal Pedang Biasa

Jika di film-film menampilkan ada banyak sekali pejuang, kesatria sampai dengan tokoh fiksi lain yang memiliki pedang dengan panjang yang melebihi normal, ternyata di dunia nyata pedang semacam itu benar-benar ada. Walaupun panjangnya masih dapat ditoleransi, akan tetapi jika dibandingkan dengan panjang pedang pada umumnya, maka senjata-senjata itu termasuk yang terpanjang.

Nah, berikut ini adalah beberapa pedang dengan rekor terpanjang di dunia.

  • Nodachi

Nodachi

Dalam era feudal di Jepang, tidak ada pedang yang dipakai oleh para samurai memiliki panjang menyamai atau bahkan melebihi pedang yang dikenal dengan nama nodachi atau odachi ini. Pedang semacam ini digunakan dalam perang dan bertugas untuk menghalau sekaligus membunuh musuh dari jarak yang tidak terlalu dekat.

Hanya saja, dikarenakan memiliki panjang yang melebihi normal, maka dibutuhkan pula tenaga yang besar untuk mengangkat sekaligus mengayunkannya. Menurut catatan sejarah, nodachi ini memiliki panjang 3,8 meter yang mana pedang pada umumnya hanya mempunyai panjang 2 meter saja.

Dengan sekali ayun, maka akan ada banyak orang yang terkena sabetannya jika nodachi ini digunakan dalam pertempuran yang melibatkan ratusan orang. Namun kelemahannya adalah pedang ini tidak dapat digunakan dengan cepat karena cukup berat dan panjangnya membuat kecepatan gerak penggunanya terbatas.

  • Pedang abad ke-6

Pedang abad ke-6

Pada tahun 2014 sampai 2015 kemarin, dilakukan penggalian di sebuah pemakaman yang berusia berabad-abad lalu, tepatnya dibangun di abad ke-6, di distrik Shimauci, dekat dengan Kyushu, Jepang. Dalam penggalian tersebut, ditemukan sebilah pedang terpanjang yang pernah ada atau ditemukan di Jepang. Bahkan diperkirakan pedang tersebut adalah yang terpanjang dalam sejarah negara itu.

Tidak diketahui siapa pemilik pedang tersebut, namun diperkirakan bahwa orang yang memilikinya hidup di era Kekaisaran Yamato atau antara periode Kofun dan Asuka. Kekaisaran Yamato sendiri meliputi seluruh Provinsi Yamato atau sekarang berubah nama menjadi Nara.

Pedang tersebut dikatakan terpanjang karena bilah besinya saja sudah cukup panjang dibandingkan dengan pedang yang digunakan oleh para samurai, belum lagi jika ditambah dengan gagangnya, maka akan bertambah panjang lagi.

Gagang dari pedang tersebut sebagian besar sudah hancur, namun ada beberapa bagiannya yang masih dapat diselamatkan dan teksturnya pun masih dapat dilihat secara jelas. Menurut peneliti, pada gagang pedang tersebut menggunakan kulit anyaman yang ada kemungkinan dibawa dari Korea melalui jalur perdagangan.

  • Zweihander

Zweihander

Zweihander atau biasa juga dikenal dengan nama Doppelhänder, Beidhänder, Bihänder, Bidenhänder, Montate atau juga Spadone ini merupakan salah satu pedang para kesatria Eropa yang memiliki panjang melebihi pedang normal pada umumnya.

Tercatat dalam sejarah, panjangnya ada yang hanya 1,5 meter saja dan ada juga yang melebihi 2 meter. Tentu saja, karena panjangnya tersebut, maka bobot dari pedang itu juga cukup besar. Dibutuhkan tenaga besar pula untuk dapat membawa dan mengayunkannya. Hanya saja, belum diketahui secara pasti siapa kesatria yang kerap menggunakan pedang jenis ini dalam pertempuran.

  • Pedang William Wallace

Pedang William Wallace

William Wallace adalah seorang legenda sekaligus pahlawan bagi Bangsa Skotlandia. Betapa tidak, dia menjadi pemersatu banyak clan di Skotlandia dan kemudian mengajak mereka semua memperjuangkan kemerdekaannya dari Inggris. Banyak peristiwa heroik yang menyertainya dan juga kemenangan-kemenangan yang mana akhirnya membuat para pasukan Inggris menjadi takut dan tidak nyaman berada di barak mereka masing-masing karena takut sewaktu-waktu diserbu oleh William Wallace dan bala tentaranya.

Dalam berperang, William Wallace selalu menggunakan satu senjata pedang yang memiliki bilah cukup panjang dan berukuran besar. Dengan pedang itu, banyak tentara Inggris yang menjadi korban. Sekarang pedang William Wallace tersebut disimpan di National Wallace Monument.