5 Pedang Paling Mematikan di Asia, Nomor Satu Dari Indonesia

5 Pedang Paling Mematikan di Asia, Nomor Satu Dari Indonesia

Sebelum masa modern di mana muncul senjata api, pedang merupakan salah satu senjata andalan yang ada. Bahkan banyak sekali pedang yang disakralkan dan dipercaya memiliki kemampuan jauh lebih hebat dibanding senjata api. Di Asia sendiri, ternyata juga menyimpan sejumlah pedang yang memiliki kisah menakjubkan di dalamnya. Dan kabarnya lagi, pedang-pedang ini sangat mematikan hingga tak sembarangan orang berani menggunakannya.

  • Keris

Keris

Tak menyangka bukan, kalau keris yang berasal dari Indonesia menduduki posisi pertama sebagai pedang paling mematikan di Asia? Bentuknya memang lebih kecil dan terkesan mungil jika dibandingkan pedang lain. Terlebih lagi, ada lekukan unik pada keris yang membuat penampilannya terlihat lebih cantik. Tapi justru lekukan inilah yang mematikan, sebab saat menembus kulit, lekukan ini menyebabkan terjadinya luka yang lebar dan susah untuk disembuhkan. Lekukan keris sendiri ada banyak jenisnya, tergantung dengan pamor si pemiliknya. Dan pembuat keris harus melakukan ritual khusus seperti puasa untuk memberikan kekuatan lebih pada keris buatannya.

  • Kora

Kora

Pedang paling tajam berikutnya di Asia berasal dari Nepal. Pedang satu ini memiliki bentuk yang unik, mirip dengan huruf J. Bilang pedangnya sendiri jauh lebih lebar jika dibandingkan dengan keris. Berbeda dengan keris yang pendek dan berfungsi untuk pertarungan jarak dekat, kora ini lebih cocok untuk pertarungan jarak sedang dan bisa menebas apapun dengan mudah. Kora sendiri juga tergolong dalam pedang tradisional, namun ternyata sampai saat ini kora masih digunakan di Nepal, meski tidak sembrangan orang bisa memilikinya.

  • Katana

Katana

Pedang dari Jepang yang menjadi andalan para samurai ini merupakan salah satu yang paling mematikan di Asia. Bentuknya yang panjang dengan bilah tipis menjadikan katana bisa melukai siapa saja dengan mudah. Dulunya, katana hanya digunakan oleh para samurai. Namun saat ini katana modern banyak diproduksi untuk koleksi maupun untuk belajar seni beladiri khas Jepang. Di Indonesia, katana banyak disebut dengan samurai. Namun istilah yang tepat untuk penyebutan pedang ini adalah katana.

  • Shuang Guo

Shuang Guo

Dari namanya saja Anda tentu sudah bisa menebak kalau pedang ini berasal dari Cina. Shuang Guo sendiri merupakan pedang unik yang berbentuk seperti pengait, dengan gagang berbentuk menyerupai bulan sabit. Pedang ini sangat mematikan karena memiliki berbagai fungsi, bagian belakangnya yang sangat tajam bisa digunakan untuk menusuk dari belakang, pengaitnya bisa dipakai untuk menarik dan memotong, sedangkan bagian tengah pedang efektif untuk menahan pedang lawan dan menangkis srangan musuh. Namun pedang tradisional ini tak lagi diproduksi saat ini dan hanya tersisa dari sisa sejarah pada masa lalu.

  • Dha

Dha

Pedang tertajam di Asia berikutnya berasal dari Myanmar. Dha sendiri memiliki bentuk yang cukup sederhana seperti badik, dengan panjang bervariasi. Bilah pedangnya cukup tebal dan kuat, menjadikan dha ini efektif untuk menebas lawan. Namun ternyata, pedang ini tak berasal dari Myanmar asli namun dimodifikasi dari pedang tradisional yang biasa digunakan di India.