6 Jenis Pedang Terhebat Sepanjang Sejarah Peradaban Manusia

6 Jenis Pedang Terhebat Sepanjang Sejarah Peradaban Manusia

Dalam film, buku atau serial televisi klasik bertemakan mitologi, sering kali diperlihatkan ada seorang pejuang atau tokoh antagonis yang mempunyai pedang dengan kehebatan serta ketajaman tinggi melebihi pedang-pedang lawannya yang lain.

Memang ada beberapa pedang yang fiktif atau rekaan belaka, namun ada pula yang terinspirasi dari sebuah pedang yang benar-benar ada di dunia nyata dan dibuat pada zaman dahulu. Dan berikut ini adalah beberapa pedan yang tertajam serta paling berbahaya yang pernah dibuat dalam sejarah peradaban manusia.

  • Urumi

Urumi

Urumi merupakan pedan yang mana diciptakan di saat Dinasti Mauryan di India masih ada atau sekitar 250 sampai 150 Sebelum Masehi. Pedang satu ini tidak menyerupai pedang-pedang atau senjata dengan laras yang panjang pada umumnya karena merupakan kumpulan lembaran logam tajam yang dapat diayun-ayunkan saat menggunakannya. Bentuknya yang unik dan mirip dengan sebuah lembar plat besi tajam yang dijadikan satu di dalam satu pegangan membuatnya sangat ditakui pada masa itu.

  • Pedang pengait

Pedang pengait

Pedang pengait dari Cina atau dalam Bahasa Inggris dikenal dengan istilah China Hook Sword merupakan salah satu pedang berbahaya lainnya. Betapa tidak, hampir semua bagian dari pedang tersebut dapat menjadi senjata, seperti terdapatnya pelindung jari yang mana berujung runcing atau juga bagian pangkalnya yang sengaja dibuat tajam untuk serangan jarak pendek. Menurut sebuah majalah bernama Black Belt edisi 1985 menyebutkan bahwa jika seseorang membawa sepasang pedang pengait tersebut, maka lawannya dapat dibelah secara mudah menggunakan senjata itu.

  • Honjo Masamune

Honjo Masamune

Honjo Masamune merupakan salah satu pedang legendaris dan terhebat yang pernah dibuat di kalangan samurai di Jepang. Pedang ini dibuat untuk digunakan oleh seorang pendekar pedang ternama di Jepang, Masamune. Saking hebat dan tajamnya, pedang ini pernah hampir membunuh Honjo Shigenaga dalam peperangan.

  • Tizona

Tizona

Tizona merupakan salah satu pedang yang dimiliki oleh Rodrigo Diaz de Vivar atau kerap dipanggil dengan julukan El Cid oleh Bangsa Moor. Dia adalah seorang bangsawan terhormat sekaligus seorang pemimpin militer ternama di pertengahan masa kejayaan Bangsa Spanyol. Dia memimpin Spanyol dari serbuah Bangsa Moor dan memerintah kerajaan dari tahun 1094 sampai 1099. El Cid juga dikenal sebagai salah satu pemimpin militer yang mempunyai banyak pedang yang salah satunya adalah Tizona tersebut. Lama disimpan di Marcilla Castle, akhirnya pedang tersebut dipindahkan ke Army Museum of Madrid dan sejak tahun 2007 kemarin kembali dipindah dan disimpan di Museo de Burgos.

  • Flammard

Flammard

Flammard merupakan sejenis pedang yang memiliki bilag bergelombang dengan ujung yang tajam serta cukup tipis serta ringan. Pedang semacam ini sangat mendominasi dan terkenal di era Renaissance. Popularitasnya semakin tinggi setelah banyak orang yang mengetahui bahwa ternyata Flammard selaih kuat dan tajam juga mampu menghambat laju pedang lawan ketika saling berbenturan.

  • Longsword

Longsword

Longsword merupakan pedang para knight di Eropa di akhir abad pertengahan dan periode Renaissance (sekitar tahun 1350 sampai 1550). Setelah era Renaissance turun, pada abad ke-17, pedang satu ini kembali populer dan banyak dipakai oleh para pejuang walaupun jenis senjata lain yang lebih efektif juga mematikan sudah banyak ditemukan dan digunakan. Karakteristik dari longsword ini adalah memiliki bilang tajam pada 2 sisinya dan cukup berat sehingga mampu memberikan tekanan dan luka dalam ketika dipakai dalam perang dan mengenai lawan.