Beberapa Pedang Samurai yang Begitu Mematikan

Beberapa Pedang Samurai yang Begitu Mematikan

Setiap orang tentunya tidak akan asing dengan nama samurai. Namun, yang sering disalahartikan oleh masyarakat adalah samurai sebagai nama sebuah pedang. Padahal tidak demikian, karena samurai adalah nama istilah prajurit milik Jepang yang sangat menguasai bidang pertarungan dengan menggunakan pedang maupun pedang itu sendiri. Pedang untuk samurai ini pun masih dibedakan menjadi beberapa jenis, karena ada banyak macam pedang samurai yang memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda. Umumnya, pedang-pedang ini memiliki perbedaan dalam panjang pedang yang diciptakan, sehingga panjang inilah yang menjadi pembeda satu pedang dengan pedang yang lain.

Dari beberapa pedang samurai yang dibedakan berdasarkan panjangnya,

Dari beberapa pedang samurai yang dibedakan berdasarkan panjangny

Salah satunya adalah pedang dengan nama Nagamaki. Pedang ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu persamaan panjang untuk gagang pedang dan juga mata pedangnya. Pedang yang begitu panjang yang tidak kurang dari 2 meter ini memang didesain untuk perlawanan pada saat diserang secara mendadak oleh musuh.

Selain itu, ada juga pedang samurai bernama Nodachi atau kerap juga disebut sebagai Odachi. Dari sekian jenis pedang samurai, pedang yang satu ini adalah salah satu pedang yang begitu langka keberadaannya. Hal ini dikarenakan Nodachi memiliki ukuran yang sangat panjang dan susah untuk diciptakan karena membutuhkan teknik tersendiri. Selain itu, pedang yang satu ini sangat tidak nyaman bila digunakan untuk serangan yang begitu dekat dengan lawan atau musuh.

Ada pula pedang bernama katana, pedang samurai yang paling terkenal dan populer di kalangan masyarakat. Pedang ini merupakan pedang kehormatan yang diciptakan untuk memotong lawan dengan kecepatan yang begit fantastis. Jenis ini memiliki ukuran yang tipis dan menjadi pedang samurai yang terfaforit dari pedang-pedang lainnya. jika katana adalah pedang yang biasa digunakan untuk para samurai.

Maka pedang lain yang biasanya digunakan bagi ninja jepang adalah Ninjato. Sesuai dengan namanya, pedang ini merupakan pedang khusus yang memang diperuntukkan kepada para ninja. Bentuknya yang ramping dan tidak terlalu panjang membuat pedang ini biasa disembunyikan di balik baju yang dikenakan para ninja. Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat pedang jenis ini menjadi pedang yang sangat ideal untuk melawan dalam kecepatan yang begitu tinggi, apalagi bagi yang memiliki teknik bertempur dengan cepat.

Selanjutnya, adalah tachi, jenis pedang berikutnya yang memiliki bentuk yang hampir sama dengan katana. Pembeda antara tachi dengan katana adalah pada badan pedang, Tachi memiliki kelengkungan yang lebih besar daripada katana. Lengkungan yang ada pada pedang ini begitu memudahkan orang-orang yang menggunakannya dengan cara berkuda, karena mudah untuk dilepas dan efektif untuk menebas musuh tidak berkuda yang sedang dihadapi.

Ada pula wakizashi, yang mirip juga dengan pedang samurai jenis katana, namun panjangnya tidak sepanjang milik katana. Pedang ini adalah pedang yang selalu setia menempel pada tubuh samurai, sekalipun pada saat tidur. Tidak seperti pedang lain yang harus dilepas dan ditinggalkan ketika akan masuk ke sebuah istana maupun bangunan lain yang turu disucikan.

Keunikan dan keberagaman jenis pedang samurai tersebut masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Pada intinya, Jepang memiliki berbagai jenis pedang yang menjadi ciri khas dari suatu kemampuan dan juga penghormatan. Terutama, untuk para samurai yang memiliki keunggulan dalam memainkan pedang lebih besar daripada jenis prajurit yang lainnya.