berbagai jenis pedang di dunia

Berbagai Jenis Pedang di Dunia

Dari zaman dahulu pedang merupakan salah satu senjata yang akrab untuk digunakan dalam berperang. Bahkan, ada beberapa kisah yang menjadikan pedang adalah simbol dari kekuatan seseorang. Itu artinya, semakin bagus pedang yang dimiliki oleh seseorang maka semakin tinggilah derajatnya. Pedang yang sudah digunakan sejak zaman dahulu ini ternyata memiliki beberapa jenis yang sangat menarik. Jenis-jenis ini terbentuk karena campur tangan budaya dari tempat asal pedang model tersebut diciptakan, dan setiap lekukannya memiliki arti tersendiri.

Salah satunya adalah pedang jenis gladius. Gladius ini berasal dari kerajaan Roma. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa kerajaan roma merupakan salah satu kerajaan yang kerap menjalani pertempuran, sehingga senjata yang diciptakan pun merupakan senjata yang memang didesain untuk membunuh dan menghunus dengan begitu mudah. Gladius ini sudah ada sejak lama, dan menjadi salah satu senjata andalan khas kerajaan roma. Gladius memiliki  berbagai kelebihan yang dimiliki, baik dari sisi bahan maupun bentuk. Untuk bentuk, gladius ini memiliki bentuk yang sangat elegan dan mematikan. Ujung yang begitu runcing membuat benda ini sangat mudah untuk digunakan dalam menusuk sesuatu. Berbahan baja yang begitu tebal, uniknya pedang ini begitu ringan untuk digunakan sehingga akan mempermudah penggunanya dalam mengayunkan pedang kesana kemari sesuai dengan arah dari lawan yang dihadapi. Dahulu, pedang ini adalah pedang yang digunakan untuk para prajurit atau tentara saja, dan khusus digunakan untuk berperang. Selain gladius, Katana adalah senjata mematikan selanjutnya. Nama samurai tentu bukan merupakan nama yang asing di telinga masyarakat, dan pedang Katana inilah yang digunakan samurai dalam melawan musuhnya. Tidak hanya mematikan saja, Katana merupakan lambang kehormatan bagi prajurit saat itu. Makna dari katana begitu terpahat secara dalam oleh orang-orang pada saat itu. Kelebihan pedang ini yang begitu menarik adalah keringanan pedang ketika digunakan yang bisa membuat orang menebas dengan mudah sekalipun sambil berlari. Sehingga, penyerangan dengan menggunakan katana akan terasa begitu singkat dan mematikan. Dalam sekali derapan kuda saja, lawan-lawan yang dilewati samurai dengan katana pun akan tertebas sebelum mereka menyadari akan hal itu. Selanjutnya, ada juga pedang bernama dao yang turut menjadi pedang hebat di dunia. Pedang ini berasal dari China. Pedang ini adalah pedang dengan kesaktian yang didesain tidak hanya untuk membunuh dan menebas saja, namun untuk memotong para lawan yang menggunakan pedang jenis ini. Biasanya, pedang ini hanya digunakan saat berperang saja karena pedang ini begitu mematikan.

Perkembangan dan jenis dari pedang begitu beraneka ragam, tergantung dari fungsi dan tujuan dibentuknya pedang tersebut. Tidak hanya di luar negeri saja, pedang pun juga pernah populer dan sempat marak digunakan di Indonesia. Untuk Indonesia dan beberapa negara sekitarnya, pedang yang sering untuk digunakan adalah pedang bernama golok. Tentu nama ini sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Dahulu, golok digunakan sebagai senjata ampuh untuk melawan para musuh dan akan terlihat sangat mengerikan meskipun baru dikeluarkan dari wadahnya. Namun, sekarang keberadaan golok ini lebih digunakan untuk kebutuhan keseharian karena sudah tidak zaman lagi perang di Indonesia. Golok sekarang kerap digunakan untuk memotong benda yang keras, seperti menebas batang pohon maupun beberapa kebutuhan lain yang memerlukan peran senjata tajam seperti pedang golok.

One thought on “Berbagai Jenis Pedang di Dunia

  1. jadi ga usah heran lah kalo sekarang uda banyak sekali di produksi pedang”. alasannya ya cuma itu untuk kasih terkenal dari pedang dulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *