daftar senjata tradisional khas riau yang wajib diketahui

Daftar Senjata Tradisional Khas Riau Yang Wajib Diketahui

Masih begitu banyak peninggalan-peninggalan yang belum kita ketahui hingga saat ini, khususnya senjata tradisional dari berbagai khas kota yang ada di Indonesia. Terlebih di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali budaya peninggalan yang terdiri dari rumah adat, pakaian adat hingga senjata.  Untuk senjata tradisional Riau sendiri, banyak terdapat cerita dibaliknya. Dimana ada beberapa senjata yang digunakan sebagai kebutuhan hidup, perlindungan diri, hingga digunakan untuk melakukan berbagai macam ritual adat da keagamaan.

Artikel Terkait : Ini 4 Jenis Pedang Yang Dianggap Paling Bersejarah

Hingga dizaman sekarang, senjata jenis baru yang mulai bermunculan atau senjata tradisional pun mulai dijadikan sebagai ajang koleksi saja. Banyak yang menilai dengan mengoleksi senjata tradisional tersebut bisa tetap menjaga nilai-nilai adat dan sejarah yang masih terkandung didalamnya agar masih diingat walaupun terjadi perubahan zaman. Namun kali ini kita akan memberikan beberapa daftar senjata tradsisional khas Riau yang wajib diketahui dan masih terdengar hingga saat ini :

  • Keris

    Banyak sekali masyarakat yang menyatakan bahwa senjata tradisional keris merupakan salah satu senjata yang keberadaannya hanya ada di Jawa saja. Namun nyatanya apabila kita menelusuri lebih jauh mengenai senjata tradisional keris ini pastinya akan menemukannya. Ini disebabkan adanya para leluhur yang sebelumnya sudah turun-temurun memberikan senjata tradisional ini dari beberapa masyarakat Riau. Dengan bentuknya yang elegant, membuat keris tersebut diukir dengan sarung yang memiliki motif flora.
  • Klewang

    Dipercaya sebagai salah satu senjata tradisional yang paling berpengaruh terhadap kota Riau, menjadikan bentuknya yang terlihat besar dengan ujung yang terbilah. Pada zaman dahulu, klewang sering digunakan oleh prajurit sebuah kerajaan dalam sebuah pertempuran. Berbeda dengan saat ini, yang dimana banyak sekali petani yang menggunakan senjata jenis golok ini sebagai pemotong sawah di ladang.
  • Pedang Jenawi

    Berbeda dengan senjata tradisional jenis keris dan klewang, pedang jenawi ini merupakan salah satu senjata yang paling pertama dan paling terkenal di Riau. Pedang Jenawi ini sering dipakai oleh panglima perang sebuah kerajaan melayu untuk membasmi para musuh yang berusaha mengancam. Memiliki ukuran yang hampir mencapai 1 meter menjadikan pedang jenawi digunakan untuk pertempuran jarak jauh. Sekilas pandangan, pedang jenawi terlihat menyerupai pedang samurai milik Jepang. Sehingga membuat Jepang pernah mengklaim bahwa pedang jenawi itu sebenarnya berasal dari negara sakura tersebut. Namun, hingga saat ini pedang jenawi itu masih menjadi identitas yang khas bagi masyarakat Riau.
  • Beladau

    Memiliki bentuk yang cukup unik, membuat jenis senjata ini juga dianggap sangat cocok bagi pertempuran yang dilakukan secara dekat. Bedanya dengan pedang jenawi itu terdapat pada bagian gagang yang sanat mudah dipegang dan cara penggunaanya juga sangat cepat, dengan cara mendorongnya saja kebagian yang telah ditargetkan. Serta memiliki panjang yang hanya mencapai 24 cm, membuat senjata tradisional beladau ini disamakan dengan jenis pisau belati yang sering digunakan oleh masyarakat pada umumnya.
  • Badik Tumbuk Lada

    Meskipun terdengar aneh ketika mendengat senjata tradisional yang satu ini, namun pastinya ia juga sangat dikenal sebagai senjata tradisional khas Jambi. Kendati demikian kota Riau yang memiliki letak geografis yang tidak jauh dengan Jambi membuat masyarakatnya merasa wajar kita senjata tradisional Badik Tumbuk Lada tersebut banyak terdapat di masing-masing kota.

Itulah beberapa daftar senjata tradisional khas Riau yang wajib diketahui oleh kita semua sebagai masyarakat indonesia. Kita harus tetap menjaga senjata tradisional tersebut secara turun-temurun agar kedepannya tidak diklaim oleh negara lain sebagai salah satu budayanya.

One thought on “Daftar Senjata Tradisional Khas Riau Yang Wajib Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *