ini 4 jenis pedang yang dianggap paling bersejarah

Ini 4 Jenis Pedang Yang Dianggap Paling Bersejarah

Seperti yang kita ketahui bahwa pedang merupakan suatu alat yang digunakan sebagai alat perang pada zaman dahulu. Dengan dibentuk menggunakan bahan tembaga, proses terciptanya pedang ini pun dikabarkan pada saat zaman perunggu.

Beberapa abad kemudian, setelah mengetahui tata cara menciptakan pedang itu pun dimanfaatkan oleh sekelompok orang untuk digunakan sebagai senjata bagi prajurit-prajurit yang bertugas di medan perang.  Senjata jenis pedang tersebut pun menjadi pilihan sebelum munculnya senjata api dengan peluru berdaya tinggi.

Adanya pertempuran pada masa-masa itupun membuat beberapa kerajaan menyediakan pedang pribadi kepada setiap raja maupun kaisar sebagai alat mempertahankan diri. Berikut ini 4 jenis pedang yang dianggap paling bersejarah :

  1.  Pedang Bermata 7

    Pedang ini menjadi salah satu senjata yang paling bersejarah pada zaman Dinasti Baekje. Jenis senjata ini mempunyai panjang hingga 74.9 senimeter dengan 3 cabang disetiap sisinya. Namun bagi yang belum tahu, jenis pedang ini dibuat bukan sebagai senjata perang, akan tetapi lebih ke keperluan upacara tertentu. Hingga pada tahun 1870, Masamoto yang merupakan seorang Bhikhu Shinto berhasil menemukan 2 buah pedang bermata 7 lengkap dengan ukiran.  Yang salah satunya bertulis “Waktu siang hari pada hari ke-16 bukan ke-7 tahun ke-4 dibuat dari 100 baja”
  2.  Pedang Zulfiqar

    Pedang yang ternyata memiliki pemilik berstatus Nabi itu kemudian diwariskan kepada menantunya yang bernama Ali. Diketahui Ali pernah menggunakan pedang Zulfiqar itu pada saat terjadi pengepungan di kota Medina. Ada beberapa bagian yang terlihat berbeda mengenai pedang Zulfiqar tersebut, yang membuat sebagian pihak kemudian menjelaskan perbedaan itu dengan kekuatan mistis. Hingga saat ini pun, pedang Zulfiqar tersebut menjadi salah satu saksi bagian dari perjalanan Ali menurut sejarah Islam.
  3.  Pedang Tomoyuki Yamashita

    Nama pedang yang diambil dari julukan seorang kaisar Jepang di masa perang dunia 2 ini pun menjadi sangat terkenal setelah dirinya mampu menduduki Singapura dan Malaya saat masih berstatus koloni Inggris. Selang beberapa waktu, Tomoyuki Yamashita pun ditangkap yang disebabkan kejahatan yang pernah melibatkan dirinya untuk membantai penduduk di Manila dan Filipina. Hingga pada tanggal 2 September 1945, pedang berjenis samurai itu pun diserahkan kepada pihak Amerika Serikat yang kemudian menjadi sejarah West Point Military Museum.
  4.  Pedang Napoleon

    Tidak berbeda jauh dengan pedang Tomoyuki Yamashita, yang dimana nama pedangnya ini juga diambil dari seorang pemimpin militer pada tahun 1799 dankemudian diangkat menjadi seorang kaisar di Prancis. Pemimpin militer itu terlibat konflik dengan negara Eropa yang kemudian mengawali pertempuran dengan berujung kemenangan untuk memberikan Prancis lebih mendominasi benua Eropa. Hingga sekitar tahun 1800an, akhirnya Napoleon memberikan pedangnya tersebut kepada saudara laki-lakinya sebagai suatu hadian pernikahan. Yang dimana hingga sampai ini masih dianggap sebagai sebuah sejarah milik bangsa Prancis.

2 thoughts on “Ini 4 Jenis Pedang Yang Dianggap Paling Bersejarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *