macam - macam pedang samurai

Macam – Macam Pedang Samurai

Terdapat banyak sekali masyarakat di luar sana yang hanya mengetahui kata samurai namun tidak dengan istilahnya. Memang terkadang ketika mendengar kata samurai, otomatis dalam pikiran kita hanya sebuah pedang berukuran panjang yang dapat ditemukan di negara Jepang. Namun ternyata kata samurai sendiri dikhususkan untuk orang-orang yang memiliki pangkat atau jabatan kelas elit perwira militer. Sedangkan pedang yang biasa kita lihat pada umummnya ternyata memiliki sebutan Ken. Pisau Ken inilah yang dianggap oleh masyarakat selama ini dengan sebutan samurai, yang pada akhirnya diganti menjadi kata samurai agar gampang diingat oleh semua orang.

Di Jepang saja, pedang samurai sudah memiliki banyak jenis. Jenis-jenis itu pun beragam seperti bentuk, ukuran hingga namanya. Oleh karena itu kami akan membahas macam-macam pedang samurai yang masih sering terlihat hingga saat ini,

  • Wakizashi
    Wakizashi termasuk salah satu pedang samurai yang memiliki panjang 30-60 cm, yang membuatnya biasanya dipakai sebagai pedang cadangan atau secondary weapon. Yang dikarenakan cara pemakaiannya yang terbilang akurat ketika disasarkan. Jenis pedang samurai ini terlihat lebih unggul daripada pedang katana.
  • Katana
    Seperti pada pembahasan artikel sebelumnya,  dimana namanya yang sudah tidak asing ditelinga kita yang lebih nominan dipakai oleh ninja. Jenis pedang ini pasti akan ada disetiap punggung para ninja yang ada di Jepang. Ukurannya pun sedikit lebih panjang dari Wakizashi yang dimana berukutan 70-80 cm.
  • Chokuto
    Dengan bentuknya yang lurus membuat pedang ini terasa sangat sulit untuk digunakan sehingga sangat jarang dipakai ketika sedang bertempur. Dengan pamor yang kalah dari beberapa macam pedang samurai di Jepang, namun pedang Chokuto ini masih tetap diproduksi hingga saat ini.
  • Nodachi Odachi
    Pedang ini menjadi pedang yang paling panjang di antara lainnya dengan berukuran sekitar 165-178 cm dengan memiliki panjang mata sekitar 120-150 cm. Dengan status sebagai salah satu samurai yang paling panjang membuatnya sangat tidak cocok untuk digunakan dalam pertarungan jarak dekat. Nodachi Odachi ini lebih sering dipakai ketika melawan pasukan berkuda, dimana sang pemakai hanya mengayungkan ke target yang sudah ditentukan saja. Sulit untuk digunakan, menjadikan pedang ini sangat sulit untuk ditemukan terlebih produksi dengan model tersebut sudah banyak dihentikan.
  • Naginata
    Memiliki bentuk yang menyerupai tombak menjadikan pedang ini sering digunakan oleh prajurit wanita di Jepang. Dengan gagang yang terbuat dari kayu membuat pedang jenis ini bisa dipakai saat bertarung dengan jarak yang tidak terlalu jauh.
  • Tanto
    Jenis pedang tanto ini sering kali dibawa oleh perempuan Jepang sebagai senjata untuk perlindungan diri. Dengan menyembunyikannya dibalik ikat pinggang kimono membuat jenis samurai ini sangat cocok bagian yang ingin melakukan serangan secara tiba-tiba. Ukuran pedang tanto ini pun terbilang pendek hanya sekitar 25 cm, sehingga menjadikannya sebagai salat satu pendang yang kerap kali dipakai oleh beberapa ninja lainnya di Jepang.
  • Kodachi / Dual Kodachi
    Kodachi merupakan salah satu senjata kesayangan Aoshi Shinomori dalam serial mangga Samurai X. Ukurannya pun sedikit lebih panjang dari pedang Wakizashi, namun lebih pendek dari katana. Biasanya jenis pedang samurai ini lebih banyak digunakan sebagai perisai saja, yang dikarenakan tidak terlalu berat sama membawanya.

Meskipun memiliki banyak jenis, namun beberapa dari pedang samurai tersebut telah mengalami beberapa kali revolusi dan bertranformasi dari jenis pedang samurai yang kuno menjadi jenis samurai yang memiliki bentuk dan nama yang berbeda.