Mengenal Berbagai Tipe Pedang Yang Ada Di Dunia

Mengenal Berbagai Tipe Pedang Yang Ada Di Dunia

Pedang,berasal dari bahasa Proto-Indo-Eropa swer, yang artinya untuk memotong atau melukai. Dalam sejarah peradaban manusia, pedang sendiri dikenal sebagai senjata terbaik untuk mempertahankan diri dan untuk hidup serta berburu. Meski banyak jenis pedang berbeda dari setiap kebudayaan, namun pedang memiliki satu kesamaan yakni kemudahannya untuk diayunkan dan digunakan. Namun ternyata, sepanjang sejarah ditemukannya pedang, ada banyak sekali tipe pedang berbeda seperti berikut ini:

Makhaira

Makhaira

Makhaira bisa dibilang merupakan salah satu pedang tertua yang pernag ada. Bentuknya sendiri sangat sederhana dan tidak terlalu panjang karena terbuat dari batu yang ditatah dan dipipihkan. Makhaira ini merupakan salah satu pedang yang berasal dari Bronze Age, di mana peradaban baru saja ditemukan. Pada masa itu, makhaira dipakai untuk melindungi diri dari kelompok Barbarian yang masih belum mengenal peradaban.

Celtic sword

Celtic sword

Meski masih merupakan pedang dari masa Bronze Age, namun celtic sword sudah terbuat dari logam dan bentuknya menyerupai pedang modern yang kita kenal saat ini. Celtic sword ini memiliki ujung double-edged yang panjang dan runcing.

Cutlass

Cutlass

Kalau Anda sering menonton film-film perang antara perompak, pasti sudah tak asing dengan bentuk pedang yang satu ini. Ya, cutlass merupakan pedang yang tidak terlalu panjang dengan bilah melengkung dan pegangan yang berbentuk setengah lingkaran. Pedang satu ini memang banyak digunakan para bajak laut di abad ke 20 seperti William Kidd dan Blackbeard. Saat ini, pedang cutlass merupakan salah satu pedang yang digunakan dalam upacara para angkatan laut.

Viking sword

Viking sword

Seperti namanya, viking sword merupakan pedang yang digunakan pada masa viking. Pedang ini cukup panjang dengan double edged dan terbuat dari baja berkualitas tinggi dari Asia Tengah. Material ini menjadikan viking sword lebih tahan lama meski digunakan dalam kondisi yang sering mengalami perubahan suhu ekstrim. Biasanya, viking sword digunakan bersamaan dengan tameng berbentuk bulat untuk melindungi diri.

European style saber

European style saber

Pedang yang satu ini memiliki bilah yang ramping dan panjang, dengan single edged dan sediri melengkung. Biasanya, European style saber digunakan oleh tentara Inggris. Pedang ini sendiri sangat tajam dan bisa memotong dengan sekali sabetan sehingga dianggap sangat efektif untuk berperang dan perlindungan diri.

Shamshir

Shamshir

Shamshir merupakan jenis curved saber yang memiliki ujung sangat runcing. Pedang ini sendiri banyak digunakan di Persia dan biasanya dipakai untuk melakukan pertarungan di atas kuda dan juga sangat bermanfaat ketika dipakai saat berperang secara langsung. Nama Shamshir sendiri juga memiliki artian ‘pedang’ dalam bahasa native Persia.

Pulwar

Pulwar

Mungkin pedang satu ini adalah yang paling favorit di antara semua jenis pedang yang dipakai oleh orang-orang di Afghanistan. Ya, Pulwar merupakan senjata yang mana dapat digunakan untuk berperang sekaligus untuk berburu hewan liar. Bentuknya yang tidak lurus panjang melainkan sedikit membengkok atau curva pada bagian ujungnya, Pulwar diyakini terinspirasi oleh bentuk dan model dari Shamshir.

Mameluke

Mameluke

Masih mengulas pedang yang berbentuk curva, ada satu lagi senjata dengan model seperti itu yang mana sangat digemari dan sering digunakan oleh para tentara kavaleri di Turki, yaitu Mameluke. Walaupun sebenarnya pedang ini adalah khas dari Turki, namun lama kelamaan akhirnya Mameluke digunakan oleh banyak tentara berkuda dari Mesir. Ada kabar bahwa dikarenakan keterkenalannya, model dari Mameluke akhirnya diadopsi oleh Prancis dan Amerika Serikat.