Mengetahui Sejarah Pedang

Mengetahui Sejarah Pedang

Pedang merupakan suatu barang yang sangat tajam. Pedang biasanya digunakan sebagai senjata. Adakah diantara dari kalian yang belum pernah melihat pedang secara langsung? Hampir semua orang pasti pernah melihatnya.

Museum Menjadi Tempat Peristirahatan Pedang Bersejarah

Pedang biasanya banyak berada di beberapa museum peninggalan sejarah. Karena pedang sendiri merupakan suatu alat perang yang tradisional. Dulunya sering digunakan para pahlawan maupun prajurit untuk menghadapi para musuhnya. Saat ini, penggunaan pedang sudah semakin berkuang. Karena semakin banyak bermunculan alat yang lebih canggih dan juga praktis untuk dibawa. Sasarannya juga bisa lebih tepat menggunakan alata yang modern jaman sekarang. Akan tetapi, kita juga tidak boleh lupa bahwa pedang dulunya sangat berperan penting bagi kehidupan kita sekarang. Tanpa adanya alat ini, mungkin para pahlawan perang akan dikalahkan oleh musuhnya dengan sangat mudah. Keberadaan pedang kini sudah semakin berkurang. Oleh karena itu, beberapa enis pedang dimasukkan ke dalam museum agar sejarahnya tetap selalu diingat dan diketahui para penerus bangsa meskipun mereka berada dalam teknologi yang sudah sangat modern.

Dulunya, pedang ini sudah dianggap sebagai alat yang paling berguna dibandingkan dengan beberapa alat yang lain. Pedang memiliki bentuk yang panjang. Biasanya, pedang ini dibuat dari bahan dasar besi maupun logam. Akan tetapi, ada juga pedang yang terbuat dari emas. Namun, tidak semua orang bisa memilikinya. Hanya orang yang berasal dari keluarga bangsawan atau keluarga kerajaan saja yang bisa memiliki pedang tersebut. Karena bahan dasarnya saja sudah mahal. Tidak mungkin rakyat biasa sanggup untuk membeli pedang dengan harga yang sangat mahal itu. Pedang yang terbuat dari emas tidak pernah disarankan untuk digunakan perang. Hanya sebagai hiasan rumah saja. Hiasan di kerajaan haruslah bagus dan mewah. Jadi, hiasan pedang saja bisa berbahan dasar emas. Jika hanya untuk berlatih saja, akan lebih baik menggunakan pedang yang terbuat dari kayu. Buatlah pedang tersebut tidak terlalu runcing dan juga tajam. Mengapa? Agar ketika proses latihan tidak menyakiti oranglain.

Kehadiran Pedang Di Zaman Perunggu

Lalu, sejak kapan pedang hadir di kehidupan manusia? Pedang sudah ada dan dibuat dalam kehidupan ketika zaman perunggu. Pedang yang dibuat pada masa itu cukup panjang. Panjangnya yaitu 1,5 meter. Bisa dibayangkan betapa panjangnya untuk ukuran pedang. Bahkan, sekilas akan terlihat cukup mengerikan dibandingkan dengan beberapa pedan yang lainnya. Ketika zaman perunggu, bisa dibilang hadirnya pedang sudah sangat ampuh. Karena kekuatan dari pedang tersebut justru melebihi perunggu yang biasa digunakan oleh masyarakat pada saat itu. Pada masa itu, pedang sudah digunakan untuk berperang. Sebelumnya, alat perang mereka adalah khopes yang ukurannya lebih kecil dari pedang. Namun, itu ternyata tidak sekuat pedang. Pembuatan gagang pada pedang pun juga sudah diperhitungkan. Gagang dibuat tidak licin dan tidak melukai pemakainya. Apa tujuannya? Apabila pedang tersebut gagangnya licin, maka bisa mudah kalah dalam peperangan. Target yang akan ditusukkan bisa meleset hanya karena pegangan yang licin.

Pedang ternyata juga sudah mulai ada pada zaman besi. Ketika itu, pedang terbuat dari besi. Ini menjadi sebuah awal dari munculnya kebudayaan mereka. Akan tetapi, sayangnya pedang yang terbuat dari besi ini memiliki kualitas yang lebih buruk dibandingkan pedang yang terbuat dari perunggu. Kelebihan dari pedang ini adalah lebih mudah diproduksi. Sehingga, untuk menghasilkan banyak pedang tidak memerlukan waktu yang lama.