Pedang Yang Memiliki Usia Paling Tua Di Dunia

Salah satu senjata yang biasanya kita gunakan ketika sedang berperang pada zaman dulu adalah pedang. Meskipun demikian, pedang juga memiliki sejarah yang  tentunya kita boleh lupakan begitu saja. Dan hingga saat ini peninggalan pedang yang memiliki sejarah kuat masih dikaitkan didunia. Dimana terdapat beberapa pedang yang memiliki usia paling tua di dunia.

  • Pedang Dinasti Shang
    Salah satu pedang yang memiliki usia hampir 3.000 tahun yang lalu pertama kali ditemukan oleh seorang anak kecil yang berasal dari negara China saat sedang bermain disekitaran sungai Laozhoulin, Jiangsu. Pedang ini memiliki ukuran yang mencapai 26 cm, yang dipercaya sebagai salah satu benda antik yang hanya ditaruh di sebuah kerajaan bukanlan sebagai senjata untuk perang.
  • Pedang Handle Giok
    Memiliki ciri khas pada bagian gagangnya yang biasanya terbuat dari bahan berupa Giok. Menurut riset yang dilakukan, kepopuleran pedang ini sudah sampai diseluruh dunia. Bahkan dalam proses pelelangan, pedang Handle Giok ini bisa terjual dengan harga 79,06 miliar di tahun 2006.
  • Pedang San Martin
    Pedang yang memiliki bentuk melengkung ini merupakan salah satu senjata jendral Argentina yang mulai terkenal sejak tahun 1778-1850, dan dia adalah Jose de San Martin. Sejarah dalam pedang San Martin ini berlanjut, setelah pedang ini diberikan kepada jenderal Don Juan Manuel de Rosas akibat meninggalnya San Martin. Pedang San Martin itu kini masih bisa temui di salah satu museum sejarah di Buenos Aires.
  • Pedang Kusanagi No Tsurugi
    Kusanagi No Tsurugi yang memiliki arti 3 kerajaan Jepang ini meruapakan salah satu pedang yang sangat legendaris. Pedang tersebut dibuat oleh Yamato Takeru yang merupakan seorang pejuang pada masa kerajaan kaisar ke-7. Sebelumnya pedang Kusanagi No Tsurugi memiliki naman Ama No Murakumo No Tsurugi, namun pada akhirnya nama tersebut diubah karena kurang populer pada saat itu. Hingga pada akhirnya keberadaan pedang ini pun hilang setelah Yamato tewas dalam insiden peperangan tahun 1371.
  • Pedang Honjo Masamune
    Pedang ini memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi, dimana pedang Honjo Masamune akan diwariskankan secara turun-temurun sampai generasi yang paling terakhir di Jepang. Dan generasi yang berhasil mendapatkannya adalah Tokugawa Lemasa. Namun sampai saat ini keberadaan salah satu pedang yang memiliki usia paling tua di dunia masih menjadi sebuah misteri.
  • Pedang Wallace
    Pedang tua yang satu ini pernah dipakai oleh William Wallace pada peperangan di sebuah jembatan stirling sekitar tahun 1297. Pedang Wallace ini memiliki ukuran 132 cm dengan berat yang hampir mencapai 2,7 kg. Hingga sejarah pun mengungkapkan bawah William Wallaca akhirnya ditangkap oleh seorang Raja bernama Edward. Untuk saat ini pedang wallace bisa kita temukan di Monumen Nasional, Skotlandia.
  • Pedang Tizona
    Pedang Tizona merupakan pedang yang biasanya dipakai oleh El Cid ketika melawan pasukan moor. Pedang yang mempunyai sejarah peninggalan sendiri ini pun sanga berharga bagi Spanyol. Dimana pedang yang menjadi incaran tersebut memiliki ukuran 103 cm. Pedang tua tersebut sekarang dapat kita temukan di Museum de Burgos, Spanyol.
  • Pedang Mercy
    Memiliki bentuk pedang yang sangat khas, dimana pada bagian ujung pedang Mercy terlihat seperti patah. Menurut kabar yang didapat, bahwa pemilik dari pedang mercy tersebut adalah Edward Confessor yang merupakan seorang raja Ango-Saxon yang paling terakhir. Pedang ini pun dipakai sebagai salah satu kehormatan terhadap ksatria yang meilimpankan para raja.

One thought on “Pedang Yang Memiliki Usia Paling Tua Di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *