Pengertian Pedang Yang Sebenarnya

Pengertian Pedang Yang Sebenarnya

Mendengar kata “pedang” diucapkan, dalam pikiran kamu mungkin seketika langsung terlintas membayangkan sebuah senjata yang memiliki ukuran sangat panjang dan mempunyai sisi tepi yang sangat tajam. Ketika kata “pedang” disebutkan saja, mungkin kamu akan langsung merasa familiar karena sudah sering mendengarnya, meskipun bisa jadi kamu belum pernah melihatnya secara langsung sebelumnya. Selain melalui buku-buku sejarah kita akan lebih akrab dengan keberadaan pedang karena biasanya digunakan sebagai senjata dalam film-film action maupun kolosal yang memiliki tema sejarah. Pada masa sekarang ini, keberadaan pedang sudah sulit ditemukan. Tidak sembarang orang memiliki pedang sehingga mungkin kita harus mengunjungi sebuah musium untuk melihat wujud asli benda tajam tersebut. Lalu apasih sebenarnya pengertian pedang itu? Simak artikel ini lebih lanjut yuk untuk mengetahui definisi pedang yang sesungguhnya!

Bagian-Bagian Dari Pedang Secara Umum

Pedang atau dikenal juga dengan sebutan parang panjang merupakan jenis senjata tajam yang diproduksi dengan menggunakan logam berjenis keras, misalnya berbahan baja maupun besi. Untuk lebih mudah mengingatnya, pedang memiliki bentuk seperti huruf T. Garis berukuran panjang pada pedang disebut sebagai bilah pedang, sedangkan pada garis pembagi yang mana berukuran lebih kecil disebut sebagai ganggang pedang. Bilah pedang atau bagian tajam dari pedang memiliki dua jenis, yaitu bilah pedang yang memiliki satu sisi tajam dan bilah pedang yang memiliki dua sisi tajam. Bilah pedang akan dibuat setipis mungkin sehingga dapat membuatnya menjadi benda tajam yang dapat menyakiti siapapun yang mengenainya.

sowrd-atonom

Pedang memiliki sisi tumpul di bagian bawah yang disebut sebagai ganggang atau pegangan pedang. Bagian ini berfungsi sebagai penahan cangkraman atau kepalan tangan bagi pengguna pedang saat menggunakan pedang. Sebenarnya, pedang sendiri sudah digunakan lebih dari 3000 tahun yang lalu semenjak pada zaman perunggu. Pada masa itu, pedang mulai dibuat menggunakan bahan perunggu dengan ukuran yang sangat panjang, yaitu berukuran 1,5 hingga dua meter. Pedang digunakan oleh para prajurit untuk mempertahankan diri dan menyerang lawan pada saat sebuah pertempuran terjadi. Hingga pada perkembangannya, bahan dasar pembuatan pedang menjadi berkembang sehingga pedang lebih dikenal sebagai senjata yang terbuat dari baja dan besi.

Pedang Merupakan Senjata Bagi Mayoritas Orang Diberbagai Negara

Ganggang pada pedang juga mulai diproduksi menggunakan bahan tambahan lainnya, misalnya kulit binatang. Ukuran panjang pedangpun lambat laun mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh efektifitas penggunaan pedang yang lebih pendek sehingga lebih mudah untuk dikontrol, dengan ukuran kira-kira 60cm. Dapat dikatakan bahwa pedang merupakan senjata yang dikenal dan digunakan oleh mayoritas orang diberbagai negara untuk melindungi diri maupun menunjukkan kekuasaan. Sampai pada abad ke-19, penggunaan pedang menjadi kurang diminati karena keberadaan pistol sebagai senjata yang dikenal lebih praktis. Mulai saat itu, perlahan-lahan pedang kian jarang digunakan.

Biasanya, pedang dikenal sebagai pisau raksasa. Kenapa demikian? Karena pedang memiliki ukuran yang berkali-kali lebih panjang daripada pisau pada umumnya. Pedang juga memiliki ketajaman yang lebih besar dibandingkan dengan pisau. Tentunya pedang tidak sembarang dimiliki dan digunakan oleh setiap orang. Bagaimana teman-teman? Kalian sudah mengerti kan pengertian dari pedang yang sebenarnya? Jadi, apabila kamu melihat sebuah benda seperti pisau dengan ukuran kira-kira 60cm hingga satu meter, berbentuk huruf T yang memiliki sisi tepi yang tajam dan terdapat bagian melintang seperti pegangan atau ganggang, berarti benda tersebut adalah pedang. Jangan lupa untuk hati-hati dengan benda tajam yang satu ini, ya!