sejarah pedang dari masa ke masa

Sejarah Pedang dari Masa ke Masa

Ketika membicarakan perihal pedang, dalam pikiran orang-orang tentu yang terbesit dalam benak adalah senjata semacam pisau yang memiliki ukuran panjang berlebih. Namun, ternyata senjata ini tidak hanya sekedar senjata dengan  ukuran panjangnya saja, namun banyak cerita menarik yang ada pada jenis senjata yang satu ini. Pedang telah digunakan sejak zaman dahulu, bahkan di beberapa kerajaan pun pedang tidak hanya sebagai senjata, bisa jadi mengandung unsur kesakralan atau keistimewaan tertentu. Contohnya saja untuk di negara China, ada beberapa pedang yang dijadikan sebagai media untuk penghormatan. Pedang ini juga digunakan untuk bentuk penghargaan seseorang terhadap kerja keras dan dedikasi orang lain yang telah berjasa. Namun, siapa sangka bahwa ternyata pedang memiliki sejarah yang begitu unik? Di bawah ini akan diulas sedikit mengenai sejarah pedang dari kurun masa ke masa.

Ternyata, pedang sudah digunakan sejak manusia berada di zaman perunggu, alias 2 milenium sebelum dimulainya tahun-tahun masehi. Di zaman itu, pedang yang diciptakan adalah pedang dengan ukuran tidak kurang dari 60 cm. Zaman itu, pedang dibuat karena bertujuan untuk memperpanjang ukuran belati yang biasa digunakan untuk bertahan hidup. Setelah zaman perunggu, masuklah ke zaman besi dimana orang-orang pencipta pedang sudah mulai berkembang dan pedang semakin menjadi senjata yang begitu istimewa. Bahkan, zaman yunani kuno pun menggunakan pedang sebagai salah satu senjata utama mereka. Meskipun ketajaman pedang pada masa ini sangat tidak bisa dibandingkan dengan ketajaman pedang memasuki tahun masehi, namun dengan keterbatasan alat dan kecerdasan, manusia pada zaman itu sudah sangat luar biasa karena berhasil membuat pedang dan mempelopori penggunaan besi baja.

BACA JUGA : Pedang Yang Memiliki Usia Paling Tua Di Dunia

Saat itu, manusia zaman besi hanya menambahkan beberapa karbon pada saat pembentukan pedang, dan ternyata karbon ini menjadikan pedang lebih kuat dan hingga kini dinamakan sebagai besi baja. Untuk zaman pertengahan hingga zaman reneissance, pedang sudah mengalami perubahan serta revolusi besar-besaran. Mulai dari tajamnya ujung pedang dan tepi-tepiannya, bahan yang digunakan, desain yang dipasangkan, semua seolah sudah dipikirkan dengan begitu matang hingga menjadi senjata yang sangat menawan dan mematikan. Hingga pada zaman modern, perkembangan pedang pun hanya tinggal menyempurnakan desain-desain yang telah disediakan sebelumnya. Namun, pada zaman ini sudah mulai diperhitungkan berat pada pedang agar tidak menyulitkan penggunanya saat melawan musuh. Berbagai cara dilakukan untuk mengurangi beban pada pedang dan menjadikannya sebagai senjata yang sangat mudah untuk diayunkan.

Perkembangan di atas merupakan perkembangan secara kasar untuk  senjata pedang yang ada di dunia. Padahal, sebenarnya masih banyak sejarah-sejarah pedang yang begitu menarik untuk dipelajari. Tidak hanya secara umum, namun beberapa negara memiiki sejarah tersendiri untuk perkembangan jenis pedang yang dimiliki. Tentunya, semakin sering bertarungnya sebuah negara pada zaman dahulu, tentu semakin memiliki sejarah pedang yang begitu beragam. Contohnya adalah kerajaan romawi yang memiliki berbagai sejarah pertarungan dan peperangan yang begitu besar. sebagai ciri khasnya, kerajaan romawi memiliki pedang khusus bernama gladius yang dulu memang diciptakan untuk membunuh lawan dengan mudah. Pedang ini biasanya hanya digunakan untuk peperangan saja, karena memiliki ketajaman yang sangat tinggi dan begitu membahayakan. Selain itu, ada juga katana sebagai pedang legendaris yang digunakan oleh para samurai di negeri Jepang, pedang ini juga bersejarah panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *