Tips Berlatih Menggunakan Pedang yang Benar

Tips Berlatih Menggunakan Pedang yang Benar

Menggunakan senjata tajam memang harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Tak terkecuali dalam menggunakan pedang. Meskipun terkesan mudah, pedang tidak dapat digunakan seenaknya saja. Konsentrasi dan ketangkasan merupakan syarat utama dalam menggunakan pedang. Sisi tepi bilah pedang yang sangat tipis dan begitu tajam membuat orang perlu berhati-hati untuk menggunakannya. Tidak hanya menyakiti orang lain, pedang bisa saja dapat menyakiti pengguna itu sendiri. Bahkan pedang dapat menimbulkan kecelakaan yang sangat tragis, salah satunya kematian. Untuk itu, perlu diketahu teknik menggunakan pedang yang benar agar seseorang menjadi aman untuk menggunakannya. Berikut adalah tips berlatih menggunakan pedang yang benar yang dapat kamu pelajari dan praktikkan agar proses berlatih kamu menjadi lebih baik!

Pedang Merupakan Senjata Tajam dan Alat Pembelaan Diri

Pedang merupakan senjata tajam yang memiliki bentuk menyerupai pisau dengan ukuran yang lebih besar dan tentunya lebih tajam. Pedang memilki dua buah sisi yang disebut sebagai bilah pedang atau bagian tajam pada pedang yang biasanya terbuat dari baja dan besi, serta bagian ganggang yang berfungsi sebagai pegangan pedang. Biasanya pada saat latihan, seseorang akan secara langsung menggunakan pedang asli. Untuk itu proses berlatih perlu dilakukan dengan penuh kehati-hatian. dewa poker

Agar dapat berlatih dengan aman, pertama kamu harus belajar terlebih dahulu cara memegang sebuah pedang. Ini merupakan hal dasar yang wajib kamu kuasai karena apabila kamu tidak dapat meletakkan cengkraman pada ganggang pedang dengan baik, maka pedang yang kamu pegang mungkin tidak dapat bergerak sesuai dengan yang dikehendaki. Pada saat kamu ingin memegang pedang dan bilahnya, maka letakkan tangan kanan kamu pada ujung pedang dan tangan kiri kamu pada bilah pedang dengan hati-hati. Pada saat kamu ingin menggunakan pedang, maka peganglah genggaman pedang secara kuat dan tepat. Setelah menguasai cara memegang pedang dengan baik, kamu harus berhati-hati dalam mengayunkan pedang, apalagi apabila pedang tersebut tidak memiliki sarung pelindung.

Kuasai Teknik Ayunan Pedang Untuk Memaksimalkan Kekuatan Pedang

Pastikan ayunan pedang tersebut dapat kamu kuasai dan sesuai dengan teknik yang ada. Sebelum melepas sarung pelindung pedang, lebih baik untuk membiarkan pedang di lantai, kemudian melepaskan sarung pelindung tersebut dengan hati-hati dan menggunakan ke-dua tangan. Terakhir, berlatihlah dengan tenang. Ketenangan yang dimaksud di sini bukan berarti kamu harus diam begitu saja, tetapi kamu perlu untuk melakukan gerakan dengan penuh pertimbangan. Kamu tidak boleh melalukan gerakan ceroboh, sebaliknya kamu harus melakukan pergerakan dengan berfokus menjaga keseimbangan diri. Karena bobot pedang yang terbilang berat dibandingkan senjata lainnya, jangan sampai pedang tersebut tidak dapat kamu kontrol dan malah melukai dirimu atau orang lain saat berlatih.

Baca JugaBeberapa Pedang Samurai yang Begitu Mematikan

Jadi, berlatih menggunakan pedang tidak terlepas dari kehati-hatian. Kamu perlu selalu terjaga dan fokus, baik saat pertama kali membuka sarung pedang, menggenggam pedang, dan mengayunkan pedang. Kamu akan dapat menggunakan pedang dengan benar setelah mampu menguasai teknik-teknik dasar tersebut. Tetap jaga konsentrasi kamu saat berlatih menggunakan pedang agar kamu dapat selalu mengontrol pola gerakan dari pedang tersebut karena pedang memiliki bobot yang lebih berat apabila dibandingkan dengan senjata lainnya. Sebaiknya proses berlatih pedang selalu diawasi oleh pelatih atau seseorang yang ahli dalam bidang tersebut agar seluruh teknik dapat kamu kuasai dengan benar dan keselamatan kamu selalu terjaga. Jangan lupa untuk berdoa sebelum proses latihan dimulai. Tetap semangat untuk berlatih dan selamat mencoba teman-teman. Semoga lancar ya!