Ulasan Berbagai Pedang Bersejarah di Dunia

Ulasan Berbagai Pedang Bersejarah di Dunia

Pedang selalu diidentikkan dengan peperangan dan senjata yang begitu mematikan untuk melawan musuh. Hal ini ternyata memang benar adanya, dibuktikan dengan beberapa sejarah kuat yang menceritakan peperangan dengan pedang sebagai salah satu senjata utamanya. Sebenarnya, pedang sudah mulai digunakan sejak zaman perunggu, tepatnya 13 milenium sebelum tahun masehi dimulai. Setelah zaman perunggu, zaman besi pun turut menjadikan pedang sebagai senjata yang begitu hebat. Hingga zaman masehi berlangsung dan peralihan zaman pertengahan ke zaman berikutnya, pedang semakin menarik dan memiliki banyak cerita di dalamnya.

Sejarah Pedang di Kehidupan Manusia

Namun, dari keseluruhan sejarah pedang di kehidupan manusia, ada beberapa pedang yang ditetapkan oleh para pakar sebagai pedang yang paling bersejarah di dunia. Tepatnya, pedang-pedang bersejarah ini mulai ditetapkan sejak sejarah yang terjadi di masa perang dunia kedua.

Salah satunya adalah pedang pribadi milik Tomoyuki Yamashita. Yamashita merupakan salah seorang jenderal yang memiliki kehebatan dalam berperan dan sering mengalahkan musuh-musuh yang datang untuk melawannya. Cerita sejarah yamashita kerap dimulai pada saat yamashita berhasil menguasai singapura dan juga malaya, padahal saat itu kedua tempat tersebut masih merupakan tempat kolongi Inggris. Alhasil, dengan adanya peristiwa itu dan beberapa pertarungan yang dilakukannya, Yamashita pun dihukum mati. Pedang pribadi milik Yamashita kemudian secara resmi diberikan kepada negara Amerika Serikat, dan sekarang menjadi salah satu pedang yang mengisi West Point Military Museum.

Selanjutnya ada juga pedang napoleon. Seperti yang telah diketahui, Napoleon Bonaparte merupakan pimpinan politik Prancis yang sangat berpengaruh terhadap politik Apartheid. Ada sebuah pedang yang digunakan Napoleon dalam pertempuran. Pedang tersebut kemudian dihadiahkan oleh napoleon untuk pernikahan dari saudara laki-lakinya, untuk kemudian dipertahankan oleh keluarga tersebut dan selalu dijaga secara turun-temurun keluarga Bonaparte. Pada tahun 1978, pedang ini sudah resmi menjadi harta negara Prancis.

Selanjutnya ada pedang bermata tujuh, pedang yang juga menjadi senjata legendaris dan bersejarah di dunia. Pedang ini merupakan pedang sejak zaman dinasti Baekje, Korea Barat Daya. Bukan main panjangnya, pedang ini memiliki ukuran yang cukup fantastis yaitu panjang sebesar 74,0 cm. Mulanya, pedang ini hanya untuk acara upacara saja dan memang tidak diciptakan untuk berperang. Pedang ini menjadi salah satu pedang bersejarah yang menjadi salah satu benang merah untuk hubungan sejarah negara-negara yang terletak di asia timur. Hingga kini pun, pedang ini tidak dipasangkan untuk dilihat secara umum.

BACA JUGA : Pedang Legendaris dan Misterius Milik Nabi Muhammad

Terakhir adalah pedang legendaris milik Nabi Muhammad SAW, yaitu pedang Zulfikar. Memiliki bentuk yang begitu unik, pedang ini sudah banyak dibicarakan oleh masyarakat dunia dan dipercaya sebagai pedang terlegendaris yang pernah ada di dunia. Bentuk pedang ini tidak seperti pedang pada umumnya, namun memiliki bentuk badan pedang yang melengkung dan bercabang untuk ujungnya yang begitu runcing. Pedang ini begitu misterius karena tidak diketemukan hingga sekarang. Diceritakan pula bahwa kelak pedang ini akan dibawa oleh Imam Mahdi pada saat-saat menjelang hari kiamat tiba. Keunikan pedang ini juga terletak pada lafadz arab yang ada pada tubuh pedang ini. Di samping itu, karena begitu misteriusnya hingga pedang ini pun memiliki beragam teori tentang asal-usulnya, sebagai bentuk upaya pemecahan sejarah pedang zulfikar oleh manusia-manusia saat ini. Itulah sedikit ulasan mengenai beberapa pedang bersejarah yang ada di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *